DRS. MEKI M. ONIBALA, M.SI: SIAP RAMAIKAN PILKADA MINAHASA 2018

WARTANASRANI.COM - Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 akan digelar serentak di 171 daerah di Indonesia. Pilkada ini diikuti 17 Provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Diantara 17 Provinsi tersebut, Sulawesi Utara akan menggelar Pilkada di 5 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Dari 5 Kabupaten di Sulut, Minahasa menjadi salah satu Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada.

Jelang Pilkada Minahasa tahun 2018, suhu politikpun kian hangat. Sejumlah calon yang akan ikut meramaikan bursa demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kian bermunculan, berbagai manufer politik makin kental digaungkan di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa nama muncul kepermukaan dan mulai santer dalam pemberitaan media lokal maupun regional. Baik dalam opini maupun survey. Bahkan sudah mulai menjadi obrolan dan pembicaraan masyarakat dibeberapa tempat. Banyaknya nama yang muncul kepermukaan, menandakan situasi dan kondisi dinamika perpolitikan di Kabupaten Minahasa.

Dari penelusuran wartanasrani.com,  didapati beberapa nama yang dimunculkan oleh warga selain nama yang sudah pernah terlibat dalam pertarungan pilkada sebelumnya. Salah satunya, nama birokrat handal Pemprov Sulut Drs. Meki M. Onibala, M.Si.

Terus tuai dukungan warga, membuat mantan Plt Bupati Minahasa Selatan ini terang-terangan ke beberapa media, menyatakan siap maju dalam perhelatan Pilkada Minahasa 2018. Topangan doa dari hamba-hamba Tuhan Pantekosta, arus dukungan yang terus bermunculan dari seluruh penjuru tanah Minahasa, tukang ojek, tokoh agama, pencinta olahraga berkuda, karapi dan handai taulan, memberi warna tersendiri bagi birokrat yang sangat disiplin, loyal dan bertanggung jawab ini, untuk membawa perubahan dalam pembangunan tanah Minahasa tercinta.

Sebagai sosok yang takut dan taat akan Tuhan, M2O, begitu sapaan pria kelahiran tanah Minahasa, 17 Maret 1964 ini, tak pernah alpa dalam kegiatan-kegiatan kerohanian. Menghadiri berbagai acara kerohanian yang diselenggarakan gereja di Minahasa tak pernah diabaikannya. Tak heran, saat ini M2O dipercayakan untuk menjadi Ketua PELPRIP SULUT (Ketua Pelayanan Pria Pantekosta Sulawesi Utara).

Memulai karir sebagai ASN, M20 terbilang cemerlang di masa kepemimpinan Gubernur Sinyo Harry Sarundajang. Jabatan-jabatan strategis mulai dari Kepala BKD, ASS 1 Pemerintahan, Kepala Inspektorat, Kadispora, bahkan dipercayakan sebagai Penjabat Bupati Minsel, menjadikan Alumni IPDN ini semakin teruji kesiapannya untuk memimpin Minahasa 2018.

Pandai bergaul serta gayanya yang low profile, menjadikan M2O selalu dekat di hati warga masyarakat. M2O sangat memperhatikan orang-orang yang ada disekitarnya. Tak pelak, dukungan baginya terus datang dari berbagai kalangan masyarakat di 25 Kecamatan Minahasa, bahkan secara spontanitas warga membuatkan sticker, spanduk, baliho, pos komunikasi hingga mengundang makan bersama sebagai bagian dari kerinduan warga bagi sosok M2O untuk memimpin Minahasa 2018.

Dalam keluarga, M2O adalah sosok kepala keluarga yang bertanggung jawab dan penyayang. Begitu ada waktu liburan, beliau sangat memanfaatkan waktu itu bersama isteri tercinta, anak-anak dan cucu yang ada.

Bicara soal peluang dalam Pilkada Minahasa 2018, M2O hanya berserah pada rencana dan kehendak Tuhan. “Pada prinsipnya, sebagai manusia biasa tetap berusaha, bercita-cita tapi Tuhanlah yang menentukan,” begitu tutur Meki Marthen Onibala kepada sebuah media lokal setempat. (RSO/berbagai sumber)