GEORGE EDWARD FOREMAN: PETINJU LEGENDARIS YANG JADI PENDETA

WARTANASRANI.COM - Hal pertama yang langsung terbayang oleh para penggila tinju dunia saat mendengar nama George Foreman adalah laga "Rumble in the Jungle" dimana Foreman mengalami kekalahan saat menghadapi Muhammad Ali. Namun tak disangka, Foreman ternyata mampu menjadi petinju legendaris sepanjang masa karena berhasil meraih juara dunia kelas berat paling tua (45 tahun).

Lahir dengan nama lengkap, George Edward Foreman pada 10 Januari 1949 di Marshall, Texas, George adalah anak yang penuh masalah dan merupakan anak putus sekolah. Pada masa remajanya, Foreman bergabung dengan program President Lyndon Johnson's Jobs Corps, dan di sanalah dia menemukan bakat terpendamnya dalam bidang olahraga tinju.

Setelah dewasa, Foreman dikenal sebagai juara dunia tinju dua kali yang dianggap sebagai salah satu petinju terbesar sepanjang sejarah. Ia pernah meraih emas di Olimpiade Meksiko 1968 dan mulai terjun ke tinju profesional pada tahun 1969.

Pertama kali menjadi juara dunia tinju kelas WBA dan WBC berat pada 22 Januari 1973 dengan memukul TKO Joe Frazier pada ronde kedua, yang membuat namanya melambung begitu tinggi sebagai bintang baru dalam tinju kelas berat. Namun, Muhammad Ali dengan perkasa meredam pukulan keras Foreman di Kinshasa, Zaire atau Congo. Ali berhasil melucuti gelar Foreman dengan kemenangan KO pada ronde 8 dalam sebuah pertandingan yang mendebarkan.

Foreman memutuskan pensiun dari dunia tinju pada 1977 menyusul kekalahan dari Jimmy Young, namun pada 1987 Foreman kembali menekuni tinju, dan secara mengejutkan berhasil memukul KO ronde 10 juara bertahan Michael Moorer versi WBA dan IBF pada 5 Nopember 1994, sehingga Foreman menjadi petinju tertua sepanjang sejarah yang berhasil menjadi juara dunia kelas berat (45 tahun).

Saat menderita kekalahan dari Jimmy Young, Foreman merenung di kamar gantinya, dan menemukan jalan hidup lain, yakni sebagai pendeta. Dan pada waktu itu, dia memutuskan pensiun dari tinju. Foreman menjadi pendeta di Houston, Texas, serta mendirikan pusat bimbingan bagi anak muda.

Petinju dengan julukan Big George ini saat ini menjadi seorang pengusaha yang cukup sukses dan mengabdikan dirinya pada Gereja. (Sumber : id.wikipedia.org / Foto: courtesy georgeforeman.com)