Penutupan Akun Google Plus Pada Bulan April Segera Dilakukan

Seperti yang dirilis langsung di website support.google.com pada Desember 2018 ternyata pihak Google secara resmi telah mengumumkan keputusan untuk menutup Google+ (Google Plus) sampai pada tanggal 2 April 2019. Alasannya adalah karena rendahnya penggunaan dan tangangan yang terlibat dalam mempertahankan produk yang sukses yang memenuhi harapan konsumen. Dan pihak Google sangat berterima kasih untuk seluruh konsumen yang selama ini telah menggunakan aplikasi Google+ (Google Plus).

In December 2018, we announced our decision to shut down Google+ for consumers in April 2019 due to low usage and challenges involved in maintaining a successful product that meets consumers’ expectations.

Secara resmi pada tanggal 2 April 2019 akun dan Halaman Google Plus atau apapun yang dibuat konsumen akan ditutup dan pihaknya akan mulai melakukan penghapusan konten/data dari akun Google Plus para konsumen, baik data berupa foto, video, di arsip album atau dihalaman Goolge Plus semuanya akan dihapus. Oleh karenanya pihaknya mengusulkan agar para pemilik akun Google Plus segera mengunduh dan menyimpan konten/data sebelum tanggal 2 April 2019. Tetapi kabar baiknya foto dan video yang dicadangkan di Google Foto tidak akan dihapus.

Namun demikian proses penghapusan konten/data akan memakan waktu beberapa bulan, dan mungkin para pengguna masih bisa melihatnya sampai saat ini. Misalnya, mereka masih bisa melihat bagian dari akunnya melalui log aktivitas dan beberapa konten/data melalui pengguna G Suite.

Dan sejak 4 Februari 2019, pengguna tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Goolge Plus yang baru. Untuk lebih lengkapnya lihat FAQ dan detail informasinya bahkan update terbaru menjelang penutupan akun.

Bagi pengguna yang terlibat di komunitas Goolge Plus, baik pemilik atau moderator, mereka dapat mengunduh dan menyimpan data untuk komunitasnya. Awal Maret 2019, data tambahan unduhan akan tersedia,

Apabila pengguna login dan menekan tombol Google Plus maka tidak akan berfungsi lagi tapi bisa login melalui Google.

G Suite tidak akan dihapus oleh pihak Google yang dihapus hanya lah Google Plus. (red)