Sekum PGI, Pdt. Gomar Gultom: Pleno Hari Ini Untuk Hasilkan Putusan Akhir KGM PGI

Suasana Pleno KGM PGI di Ruang Niaranan 1, Hotel Sutan Raja, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (30/3/2019).

AIRMADIDI, WARTANASRANI.COM - Diskusi berbagai masukkan yang perlu disikapi bersama oleh gereja-gereja ke depan, sebagaimana tergambar dalam percakapan KGM PGI 2019, dan implikasinya bagi draft Dokumen Keesaan Gereja mewarnai pleno yang berlangsung di Balroom Niaranan 1 Hotel Sutan Raja, Airmadidi, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Sabtu (30/3/2019) hari ini.

img_20190330_115622

Ketum PGI Pdt. Henriette T. Hutabarat-Lebang dan Sekum PGI, Pdt. Gomar Gultom, bersama Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof. Thomas Pentury

Seperti diketahui, kemarin, Jumat (29/3), seharian penuh secara paralel peserta KGM-PGI mendiskusikan empat bidang, yaitu; Bidang Ekologi, Sosial dan Budaya; Bidang Sosial Politik; Bidang Ekonomi; dan Bidang Generasi Milenial dan Pasca Milenial.

Sekum PGI, Pdt. Gomar Gultom mengatakan bahwa peserta KGM PGI disatukan dalam ruangan yang sama, untuk mendengar laporan-laporan dan usulan-usulan setelah hari jumat (29/3) kemarin, terpisah dalam empat cluster.

"Para peserta mendengarkan laporan dari cluster-cluster, karena tidak semua peserta bisa mengikuti diskusi di cluster, karena di cluster itukan hanya seperempat bagian dari peserta yang ikut di setiap cluster," jelasnya.

"Oleh karena itu, semua peserta yang lain, yang ikut di cluster lain, harus mendengar apa laporan yang terjadi di cluster, isu-isu apa yang muncul, dan itu di dengar disini," ujarnya lagi.

Ditambahkan Sekum PGI, lewat pleno hari ini, akan merumuskan berbagai usulan sesuai empat bidang yang kemudian melahirkan rekomendasi untuk di bawa ke Sidang Raya PGI di Sumba.

"Pleno hari ini diharapkan menghasilkan rekomendasi dari KGM terhadap isu-isu yang berkembang yang nantinya akan di bawa ke Sidang Raya di Sumba. Jadi tujuan sesi ini untuk menghasilkan putusan akhir dari KGM," terang Pdt. Gomar Gultom.

Sementara itu, Pleno hari ini dipimpin oleh para moderator/pendamping dari tiap kelompok atau cluster dengan moderator Pdt. Dr. Julianus Mojau. (RSO)