DARURAT NARKOBA: PP DPA GBI Bekerjasama Dengan BNN RI Gelar Training For Trainers Satgas Anti Narkoba

JAKARTA, WARTANASRANI.COM - Menyikapi pernyataan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa Indonesia sekarang sudah memasuki "Darurat Narkoba", Pengurus Pusat Departemen Pemuda Anak GBI bekerjasama dengan BNN RI menggelar 'Training For Trainers' SATGAS ANTI NARKOBA di Graha Bethel, Jl. Jend. A. Yani No. 65, Cempaka Putih – Jakarta Pusat, Senin (13/08/2018).

Deputy Bidang Pemberantasan BNN RI, Irjen. Pol. Drs. Arman Depari dihadirkan untuk mengupas hal-hal yang melatarbelakangi Indonesia berstatus darurat narkoba, juga peran BNN dalam rangka mengidentifikasi dan meminimalisir penyalahgunaan Narkoba, diuraikan juga jenis-jenis Napza dan efek penyalahgunaan zat narkoba serta bagaimana peran seorang trainers dalam memutus mata rantai peredaran narkoba.

Arman Depari juga mengingatkan soal faktor-faktor seseorang dapat terlindungi dari bahaya Narkoba, diantaranya adalah pentingnya proteksi agar terlindung dari penyalahgunaan Narkoba. Dan menurutnya, proteksi ini bisa dimulai dari bagaimana peran keluarga.

"Faktor proteksi sangat penting agar kita terlindung dari penyalahgunaan Narkoba. Pertama dimulai dari keluarga. Oleh karena itu peran aktif orang tua dan nilai agama untuk mengedukasi pencegahan Narkoba sejak dini sangat dibutuhkan. Jadi keluarga paling penting," ungkapnya.

"Narkoba ini, daya rusaknya semakin berat. Yang paling penting buat kita, pertama mulai dari keluarga. Pastikan keluarga kita bersih dari Narkoba. Kedua lingkungan, pastikan lingkungan kita bersih dari Narkoba," ungkapnya lagi.

Pada bagian akhir, Arman Depari mengharapkan peran gereja dan warga gereja. Salah satunya lewat mengkampanyekan anti Narkoba.

"Adakan dan ikut kampanye anti Narkoba!", pungkas Arman Depari menutup paparannya.

Pada sesi berikutnya, Pdt. Dodi Ramosta Sitepu, S.Th., Pengurus Pusat DPA GBI mengulas soal penanganan dan rehabilitasi para pengguna/pecandu Narkoba. Diselingi kesaksian, Pdt. Dodi Sitepu dengan apik menyampaikan sesi dua ini.

Sementara itu, Ketua BPH GBI, Pdt. Dr. Japarlin Marbun dalam sambutannya diawal acara, menegaskan soal peran dan komitmen GBI untuk siap berkontribusi nyata bagi pembangunan Bangsa Indonesia. Salah satunya lewat penyelenggaraan kegiatan "Training For Trainers" oleh PP DPA GBI.

"GBI punya komitmen untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa. Dan terkait acara Training For Trainers, memang GBI sudah terlibat aktif dalam pencegahan narkoba dan pelayanan bagi korban narkoba. Karena itu kerjasama DPA GBI dan BNN perlu ditingkatkan ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya juga, Ketua DPA GBI, Pendeta Joel Manalu mengungkapkan bahwa Irjen. Pol. Drs. Arman Dapari senang menyambut kehadiran DPA GBI pada tanggal 4 Agustus 2018 yang lalu.