HKBP Tegaskan, Hanya Rekomendasikan Pdt. Gomar Gultom Sebagai Ketua Umum PGI 2019-2024

Pdt. Dr. Martonggo Sitinjak selaku Ketua Departemen Koinonia HKBP yang juga ketua delagasi HKBP

WAINGAPU NTT, WARTANASRANI.COM - Sejak awal HKBP lewat Ephorus ingin membuat PGI lebih besar, sehingga pimpinan HKBP sungguh-sungguh mencalonkan Pdt. Gomar Gultom untuk maju calon Ketua Umum. Pertimbangannya adalah pengalaman sebagai sekum dua periode. Kita yakin dia sudah memahami titik lemah dan kuat dari PGI sendiri.

Hal ini diungkapkan Pdt. Dr. Martonggo Sitinjak selaku Ketua Departemen Koinonia HKBP yang juga ketua delagasi HKBP disela-sela persidangan Sabtu malam (9/11), untuk menepis isu yang berkembang liar di perhelatan Sidang Raya PGI XVII bahwa HKBP mengeluarkan dua nama yakni, satu untuk Ketum dan satu Sekum.

“Sebagai sekum selama ini dia membuat tindakan melebihi pemimpin (ketua). Gomar tunduk langgam atau aturan. Selama ini dia bisa belajar dan menemukan hal yang baru. Ya dengan alasan tadi, maka kita (HKBP) sepenuhnya mendukung sekum PGI sekarang menjadi ketua umum PGI 2019-2024,” tegasnya.

Lebih dijauh Pdt. Martonggo Sitinjak menegaskan bahwa rekomendasi kepada Pdt. Gomar Gultom sebagai satu-satunya calon dari HKBP sudah jauh-jauh hari dikeluarkan dan tidak pernah berubah.

“HKBP itu hanya mencalonkan satu orang. Kalau ada yang bilang sekjen HKBP kasih rekomendasi, saya tegaskan tidak mungkin. Hanya Ephorus yang berhak kasih. Kalau ada itu pasti penyimpangan,” tegasnya.

“Jauh-jauh hari HKBP sudah mengeluarkan rekomendasi satu nama dan tidak pernah berubah. Dan memang etikanya dari dulu, satu sinode mengusulkan satu nama. Ada 90 gereja kalau mencalonkan dua orang atau lebih itu berarti tidak fair dan tidak oikumenis, karena kita harus saling menghargai dan menghormati,” tegasnya lagi.

Terkait posisi Sekum yang akan didukung, Ketua Departemen Koinonia HKBP yang juga ketua delagasi ini menyerahkan kepada Pdt. Gomar Gultom.

“Terkait sekum, nanti kita beri ruang dan tinggal konsultasi Pdt. Gomar, siap yang bisa bekerja sama dan saling mengisi memimpin PGI ke depan. Kita sudah tahu nama yang beredar tapi balik lagi, mana yang lebih tepat dia harus memperjuangkan kepentingan PGI,” terangnya.

Menjawab pertanyaan soal kehadiran Ephorus HKBP di Sidang Raya PGI, Pdt. Martonggo Sitinjak mengungkapkan bahwa kemungkinan Ephorus hadir pada hari Senin.

 ”Kalau tidak ada aral melintang Senin ini beliau sudah hadir di sini. Kami ini sekarang yang mengawal sidang,” ungkapnya. (Red)