Pdt. Dr. Jacob Nahuway, MA., Kembali Pimpin PGPI Lima Tahun Kedepan

Ketua Umum Terpilih, Pdt. Dr. Jacob Nahuway, MA., bersama Pimpinan Majelis Persidangan Mubes VIII PGPI

JAKARTA, WARTANASRANI.COM – Perhelatan Musyawarah Besar (Mubes) Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) 2018 yang berlangsung mulai tanggal 12-15 November 2018 di GBI Mawar Sharon Kelapa Gading, Jakarta, akhirnya ditutup dengan penetapan Pdt. Dr. Jacob Nahuway, MA., sebagai Ketua Umum PGPI periode 2018-2023.

“Atas nama Ketua Umum terpilih dan mengatasnamakan saudara sekalian sebagai stakeholder dari PGPI, saya mengucapkan terima kasih pertama kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang hadir sebagai tamu yang tidak kelihatan, dan mengendalikan segalanya dalam persidangan ini,” ungkap Pdt. Dr. Jacob Nahuway, MA., saat menerima palu pimpinan sidang dari Ketua Panitia sekaligus Ketua Majelis Persidangan, Pdt. Jason Balompapueng dihadapan peserta Mubes PGPI VIII.

Ketua Umum terpilih inipun menyampaikan apresiasi kepada pimpinan majelis persidangan yang diketuai oleh Pdt. Jason Balompapueng.

“Saya berterima kasih kepada Bapak-Bapak sekalian yang ada pada meja majelis ketua yang dipimpin oleh Bapak Pdt. Jason Balompapueng yang dengan hikmat Tuhan telah mengatur segala perkara ini. Tuhan memberkati Bapak-Bapak sekalian dalam pelayanan. Sampai kita jumpa dalam Mukernas pertama PGPI. Tuhan memberkati Bapak-Bapak sekalian,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, dalam konferensi pers setelah acara pelantikan, Ketua Panitia sekaligus Ketua Persidangan, Pdt. Jason Balompapueng mengungkapkan kepada media tentang terpilihnya kembali Pdt. Jacob Nahuway sebagai Ketua Umum PGPI.

“Satu hal yang luar biasa, PGPI pengurusan dari periode 2013-2018 telah berhasil menyelenggarakan Musyawarah Besar. Musyawah Besar ini ada pemilihan Ketua Umum dan Bapak Pdt. Dr. Jacob Nahuway sebagai Ketua Umum periode 2013-2018 terpilih kembali secara aklamasi, 50 persen plus suara. Jadi sudah terpilih kembali dan ini membuktikan bahwa kepemimpinan beliau diakui dan diterima bahkan di banggakan oleh seluruh sinode-sinode yang bergabung dalam PGPI,” ungkap Ketua Panitia Mubes VIII PGPI saat mendampingi Ketua terpilih Pdt. Jacob Nahuway dalam konferensi pers, Kamis, (15/11/2018).

“Dalam hal ini yang hadir dalam Musyawarah Besar kali ini, peserta ada 625 orang, yang terdiri dari para MPR (Majelis Penasihat Rohani), Pengurus PGPI Pusat dan Ketua-Ketua Sinode dari 84 dan sekarang telah menjadi 91 Sinode. Sudah bertambah 7 Sinode. Jadi PGPI sekarang sudah membawahi 91 Sinode, dan para ketua-ketua Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan membawahi 13,5 juta umat pentakosta seluruh Indonesia. Ini adalah hal yang luar biasa!,” tambah Pdt. Jason.

pgpi2

Ketua Umum terpilih PGPI periode 2018-2023, Pdt. Dr. Jacob Nahuway bersama Ketua Panitia Mubes VIII PGPI, Pdt. Jason Balompapueng

Menjawab pertanyaan media soal program kerja kedepan PGPI, Pdt. Jacob Nahuway menyatakan bahwa sebagai Ketua Umum terpilih, ia sudah menyiapkan program kerja PGPI untuk lima tahun kedepan.

“Aneh kalau organisasi sebesar ini tidak mempunyai program kedepan. Bahkan sebelum saya terpilihpun, saya telah memimpin organisasi ini selama lima tahun dan banyak hal yang kita kerjakan sehingga pemilihan saya sebagai ketua umum kali ini, itu sangat signifikan,” sebut Pdt. Jacob Nahuway.

Dengan gayanya yang khas diselingi tawa, gembala GBI Mawar Sharon Kelapa Gading ini menguraikan bagaimana PGPI menjalankan perannya untuk menggalang persatuan dan kerjasama yang baik antar umat Kristiani, antar umat beragama dan dengan pemerintah.

“Peranan kita kedepan adalah bahwa kita harus menggalang umat Kristiani dulu diantara kita dari berbagai kelompok, berbagai denominasi dengan liturgi-liturgi Ibadah yang berbeda. Setelah itu antara Kristen dengan umat beragama. PGPI harus berperan dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Lalu yang berikut, kita dengan pemerintah. Kalaupun ada gereja yang sudah resmi, punya Ijin atau IMB dan toh dibakar oleh lingkungan, PGPI akan bersuara mengatasnamakan umat. Kalau misalnya ada bencana seperti di Palu, minggu depan saya punya rombongan akan turun di Palu dan selidiki apakah yang perlu dibantu,” tegas Pdt. Jacob Nahuway.

Berikut hasil voting yang membawa  Pdt. DR. Jacob Nahuway, MA., kembali pimpin PGPI lima tahun kedepan: Pdt. DR. Jacob Nahuway, MA (83 suara), Pdt. DR. Sherlina Kawilarang (60 suara), Pdt. DR. Japarlin Marbun (12 suara), Pdt. DR. Mulyadi Sulaeman (3 suara), Pdt. IR. Timotius Subekti (2 suara), Pdt. DR. Daniel Tumbel (1 suara), Pdt. DR. Johnny Weol (1 suara), Pdt. Sevina (1 suara).