STT BETHESDA GELAR IBADAH NATAL DAN PENUTUPAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL TA 2021-2022

Pdt. Kalfin Sinain, M.Th

BEKASI, WARTANASRANI.COM – Mengambil tema, “Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, Sekolah Tinggi Teologi Bethesda Bekasi menggelar Ibadah Perayaan Natal 2021 sekaligus Ibadah Penutupan Semester Ganjil yang dihadiri oleh fungsionaris, dosen dan mahasiswa-mahasiswi STT Bethesda Bekasi. Dilaksanakan dengan protokol Kesehatan Covid-19, Ibadah berlangsung sederhana namun khidmat di Gereja Bethany Taman Harapan Baru Bekasi, Sabtu (18/12/2021).

Ketua STT Bethesda Bekasi, Dr. Orpa Luas, M.Th saat memberikan sambutan dan menutup perkuliahan semester ganjil tahun akademik 20212-2022

Dalam sambutannya, Ketua STT Bethesda, Dr. Orpa Luas, M.Th menyampaikan syukur atas pertolongan Tuhan sehingga STT Bethesda Bekasi dapat melaksanakan Ibadah Natal dan Penutupan Perkuliahan Semester Ganjil. Ketua STT Bethesda ini juga mengapresiasi kerja Panitia Pelaksana Natal.

“Hari ini, kita perlu menaikkan syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yesus Kristus, karena kita diperkenankan Tuhan untuk mengadakan Natal sekaligus penutupan perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022”, ungkapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia yang sudah bekerja keras untuk suksesnya penyelengaraan Ibadah Natal dan Penutupan Semester tahun ini”, ungkapnya lagi.

Setelah sambutan dan pembacaan laporan tahunan oleh Waket 1 Bidang Akademik, Ketua STT Bethesda secara resmi menutup Perkuliahan Semester Ganjil tahun akademik 2021/2022.

“Bapak Ibu fungsionaris, para dosen, mahasiswa-mahasiswi yang saya kasihi, dengan berakhirnya perkuliahan kita di semester ganjil tahun akademik 2021-2022, maka hari ini, saya tutup seluruh rangkaian perkuliahan, di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Amin!”, sebut Dr. Orpa Luas, M.Th disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Sebelumnya, Wakil Ketua 1 Bidang Akademik Ronald Stevly Onibala, M.Pd.K., M.Th melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan STT Bethesda sesuai Kalender Akademik 2021.

“Seluruh rangkaian kegiatan STT Bethesda Bekasi sesuai Kalender Akademik 2021, dapat berjalan dengan baik, kita percaya, semua ini karena kasih dan pertolongan Tuhan Yesus Kristus untuk Kampus yang kita kasihi STT Bethesda,” tuturnya.

“Dalam rangkaian proses perkuliahan di semester ganjil, dimulai tanggal 4 Agustus sampai dengan 3 Desember 2021 telah diikuti oleh 99 mahasiswa aktif (semester 1, 3, 5 dan 7) Program S1, baik Prodi Teologi maupun PAK. Adapun jumlah dosen pengampu mata kuliah, 23 dosen, baik dosen tetap maupun tidak tetap, dengan 48 mata kuliah. Semua sudah berjalan dengan baik!”, tuturnya lagi penuh syukur.

Selain laporan kegiatan akhir tahun, Waket 1 Akademik menyampaikan beberapa pengumuman penting terkait perkuliahan semester genap yang akan dimulai pada tanggal 31 Januari 2022 dan dibentuknya Tim Promosi STT Bethesda tahun 2022 yang diketuai Dr. Jumalintong Sihombing, M.Th.

Pujian Panitia Natal dan Penutupan Semester STT Bethesda Bekasi

Sementara itu, dalam khotbah Natal, Pdt. Kalfin Sinain, M.Th mengingatkan pentingnya orang percaya untuk hidup seperti Kristus, sehingga mampu menjabarkan kasih Persaudaraan sesuai tema Natal.

“Untuk bisa membangun Persaudaraan sesuai tema Natal, maka orang Kristen harus menjadi pelaku firman. Perkataan, tindakan dan perbuatan atau perilaku kita harus seperti Kristus”, tegasnya.

“Terkadang kita mudah mengatakan, ‘saya anak Tuhan… saya orang Kristen… saya hamba Tuhan’, tapi apakah kita mempraktekkan perilaku, karakter kita sama seperti Kristus atau tidak!”, tegasnya lagi.

Pada akhirnya, Pdt. Kalfin Sinain menyatakan bahwa cinta kasih Kristus harus menjadi dasar yang menggerakkan persaudaraan.

“Saya memahami bahwa kalau kita benar-benar mengasihi sesama kita, membangun persaudaraan, itu bukan karena kita mampu, tetapi karena cinta kasih Kristus yang menjadi penggerak utama, yang membuat kita bisa membangun relasi yang baik dengan sesama. Sehingga kita tidak lagi melihat latar belakang suku bangsa dan lain sebagainya”, tegasnya.

“Kesimpulan saya adalah, perayaan natal 2021 ini mengingatkan kita; pertama, cinta kasih Kristus menggerakkan hati kita untuk saling mengasihi sesama kita dengan mengamalkan kasih persaudaraan; kedua, cinta kasish Kristus yang menggerakkan kita untuk mengasihi sesama kita dengan mengamalkan dan memperkuat kasih persaudaraan dengan sungguh-sunggu; ketiga, cinta kasih Kristus yang menggerakkan kita untuksaling mengasihi dengan segenap hati sebagai bukti persaudaraan. Lakukanlah ketiga hal tersebut!”, tegasnya lagi mengakhiri khotbahnya.

Penyalaan lilin natal, pujian natal fungsionaris dan dosen, pujian panitia Natal dan foto bersama mewarnai rangkaian Ibadah Natal 2021 dan penutupan semester ganjil  STT Bethesda Bekasi tahun akademik 2021-2022. (RSO)